Sisi paling sukses di Belgia

Berkat campuran prospek tumbuh di dalam negeri dan bintang internasional yang menarik, sepak bola Belgia selalu mempertahankan pengikut yang kuat. Telah melihat banyak pemain mendorong diri mereka lebih jauh untuk mendapatkan uang besar pindah ke salah satu klub terbesar di Eropa. Melalui semua ini, nama-nama seperti Anderlecht dan Club Brugge telah muncul sebagai nama rumah tangga di seluruh negeri meskipun didorong oleh rival yang lebih kuat. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat siapa tim paling sukses dalam sejarah sepak bola Belgia?

Beerschot VAC (7 judul)

Dulunya merupakan pembangkit tenaga listrik yang tangguh dalam sepak bola Belgia, Beerschot VAC yang berbasis di Antwerp adalah salah satu klub pembangkit tenaga listrik pertama Belgia. Semua gelar mereka datang di era antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II saat negara pulih dari peristiwa yang menantang ini. Beerschot mendominasi tahun 1920-an memenangkan lima gelar liga selama dekade itu termasuk tiga kemenangan beruntun dari 1923-1925. Mereka selanjutnya akan memenangkan gelar berturut-turut pada tahun 1930-an mempertahankan mahkota mereka dengan sukses pada tahun 1938 dan 1939. Namun, setelah Perang Dunia Kedua, kesuksesan dan kekayaan Beerschot menderita secara dramatis dengan penutupan klub pada tahun 1999. Mereka akan mengalami lebih banyak kegagalan dengan penerus mereka – Germinal Beerschot – melipat sekali lagi pada tahun 2013. Sejak itu, iterasi ketiga klub – K Beerschot VA – telah membuat penampilan singkat di Liga Pro Belgia tanpa mempertahankan masa tinggal reguler di papan atas Belgia.

Standard Liege (10 gelar)

Dengan dukungan sebagian besar wilayah Walloon, Standard Liege telah menjadi pihak utama yang muncul dari pihak Prancis di Belgia. Berbasis di kota Liege, Standard sering menemukan diri mereka dalam perebutan gelar untuk sebagian besar keberadaan mereka. Itu tidak akan sampai musim 1957-1958 ketika mereka akan memenangkan trofi liga pertama mereka, namun hal ini membuat klub berada dalam performa yang bagus. Standard akan memenangkan 4 gelar liga sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an di mana mereka akan memenangkan tiga gelar berturut-turut dari 1969-1971. Dari sana, kesuksesan datang dalam waktu singkat dan jarang untuk klub. Mereka dalam performa sempurna di musim 1981-82 memenangkan gelar Liga Pro serta menjadi runner up di Piala Winners UEFA 1982 sebelum berhasil mempertahankan gelar mereka setahun kemudian. Tidak akan sampai abad baru ketika mereka akan memenangkan trofi ketika mereka akan mengulangi kemenangan liga Pro berturut-turut pada tahun 2008 & 2009. Dengan itu, Liege tetap relevan dalam perebutan gelar hingga hari ini.

Union Saint-Gilloise (11 gelar)

Ada beberapa cerita seperti yang ada di Union Saint-Gilloise yang berbasis di Brussel. Union Saint-Gilloise adalah pembangkit tenaga listrik pertama di sepak bola Belgia yang dibuktikan dengan dominasi mereka sebelum Perang Dunia I. Di sini, mereka memenangkan 7 gelar liga termasuk 6 gelar berturut-turut dari 1903-1910. Keberhasilan ini jarang terjadi pada masa-masa awal dengan kemenangan liga pada tahun 1913 dan 1923. Namun, mereka mengalami kebangkitan kedua dengan memenangkan 3 gelar lagi berturut-turut di awal tahun 1930-an dari tahun 1932-1935. Blitz trofi awal ini akan menjadi trofi terakhir USG dengan klub jatuh ke tingkat keempat sepak bola Belgia pada 1980-an. Keberuntungan klub kuno ini terlihat cerah meskipun kepemilikan baru muncul sebagai penantang gelar sekali lagi termasuk finis kedua di musim 2021-22. Ini menunjukkan bahwa masih banyak yang bisa dinikmati dari salah satu klub tertua di Belgia itu.

Club Brugge (18 gelar)

Salah satu tim Belgia yang lebih terkenal, Club Brugge telah menunjukkan diri mereka sebagai tim yang sangat pandai dan sukses. Sisi dari Bruges menikmati kesuksesan awal memenangkan gelar liga pertama mereka pada tahun 1920, namun sebagian besar ketenaran mereka datang baru-baru ini. Sebagian besar prestasi mereka yang paling terkenal datang pada tahun 1970-an. Club Brugge tidak hanya memenangkan 5 gelar Liga Pro dalam dekade itu, mereka juga membuat penampilan terakhir di Piala UEFA 1976 dan Piala Eropa 1978. Ini mengatur panggung untuk kesuksesan yang lebih besar untuk diikuti dengan beberapa gelar liga yang dimenangkan di setiap dekade sejak 1980-an dan seterusnya. Mereka juga sukses di era permainan saat ini memenangkan 7 gelar liga di abad ke-21 termasuk 3 kemenangan beruntun dari 2019-2022. Dengan Club Brugge menyamai performa terbaik mereka, mereka tampaknya akan melanjutkan tantangan gelar mereka di masa mendatang.

Anderlecht (34 gelar)

Dalam hal memenangkan trofi, tidak ada tim di Belgia yang sekejam Anderlecht. Sisi yang berbasis di Brussel telah mendominasi sepak bola Belgia sejak akhir Perang Dunia II ketika mereka memenangkan trofi liga pertama mereka pada tahun 1947. Kesuksesan Anderlecht telah membuat klub berhasil mempertahankan gelar liga di setiap dekade sejak saat itu menyapu semua lawan yang menghadang mereka. Ini termasuk rentetan lima tahun dari 1963-1968 di mana mereka hampir tak terhentikan. Rekor di tahun 1960-an ini juga membuat mereka menyelesaikan gelar ganda domestik di musim 1964-65. Mereka juga akan menemukan kesuksesan kontinental di kemudian hari dengan memenangkan Piala Winners UEFA dua kali pada tahun 1976 dan 1978 serta memenangkan Piala Super UEFA di kedua tahun tersebut. Untuk menambah kesuksesan mereka, mereka juga memenangkan gelar Piala UEFA 1983 yang menunjukkan kesuksesan abadi mereka. Mereka telah membawa performa ini ke abad ke-21 dengan mencatatkan 10 kemenangan gelar – lebih banyak dari tim mana pun di negara ini. Dengan memiliki sejarah yang begitu kaya, tampaknya tidak mungkin tim mana pun akan merebut Anderlecht sebagai tim paling sukses di Belgia untuk waktu yang lama.

Author: Mark Hayes